Lab 22. Mikrotik MTCRE (Hello & Dead Interval)


Hello interval merupakan selang waktu yang digunakan oleh sebuah router OSPF untuk mengirimkan hello paket. Secara default nilai hello interval adalah 10 detik, jadi router OSPF akan mengirimkan hello paket setiap 10 detik.

Selanjutnya Dead Interval menunjukkan berapa lama waktu sampai router OSPF menyatakan neighbornya down setelah tidak menerima hello paket. Secara default nilai Dead Interval adalah 40 detik yang artinya router OSPF akan menyatakan neighbornya down jika tidak menerima hello packet selama 40 detik.


Perhatikan bahwa nilai default hello interval adalah 10 detik dan nilai default dead interval adalah 40 detik. Kita bisa melakukan manipulasi terhadap nilai hello dan dan dead interval tersebut, dengan catatan nilai dead interval harus lebih besar dari hello interval dan dua router yang bertetangga harus memiliki nilai hello dan dead interval yang sama.


Jika kita hanya melakukan perubahan nilai hello interval dan dead interval pada R1 saja, maka R1 dan R2 tidak akan mencapai kondisi adjacency.


Perhatikan bahwa saat ini tabel neighbor pada R1 kosong. Hal ini dikarenakan nilai hello interval dan dead interval pada R1 dan R2 tidak sama.


Sekarang kita coba lihat kembali tabel neighbor pada R1.


Perhatikan bahwa saat ini tabel neighbor pada R1 sudah kembali lagi dan statenya sudah full.

Posting Komentar

0 Komentar